Pempek Adaan Ikan Tuna Paling Simpel

By | August 27, 2018

Suami doyaaaaan banget dunia “peracian” dan termasuk diantaranya adalah pempek. Sampe Minggu lalu beli yg Frozen, gada 2 hari udah ludes tuh 16 biji. Hahaha. Liat bumbu masih sisa lumayan banyak, eksekusi sendiri aja deh drpd beli lagi mayan mahal cuma buat habisin bumbu (emak2 lagi pelit hahaha). Pas ke tukang sayur nyari ikan tenggiri eh ternyata ga ada, adanya tuna. Browsing sana sini katanya rasanya ga jauh beda kok asal ngolahnya bener. Yasudah langsung bikin aja

Bahan-bahan

  1. 250 gr ikan tuna haluskan
  2. 2 siung bawang putih haluskan
  3. 5 siung bawang merah, iris tipis
  4. 150 gr tepung tapioka
  5. 1 butir telur
  6. 1 batang daun bawang iris tipis
  7. 100 ml santan (saya pakai kara ditambah air sedikit)
  8. secukupnya Gula pasir, garam dan merica bubuk

Langkah

  1. Siapkan terlebih dahulu ikan tuna yang dihaluskan. Oiya, sebelumnya dimarinasi pakai air jeruk nipis ya sekitar 10 menit, ratakan. Kemudian bagian yang kemerahan dan kulitnya sebaiknya dihilangkan aja moms. Jika sudah haluskan.  
  2. Masukkan ikan tuna yang sudah dihaluskan ke dalam wadah. Tuang bawang putih halus, bawang merah iris, daun bawang iris, dan tepung secara perlahan. Aduk rata.  
  3. Masukkan 1 telur kocok, secara perlahan. Terus aduk. Tambahkan gula, garam dan merica secukupnya. Terakhir masukkan santan aduk sampai merata  
  4. Adonan siap di cetak bulat (saya pakai 2 sendok untuk memudahkan menggoreng). Goreng adonan pempek hingga kuning kecoklatan. Angka, tiriskan.  
  5. Sajikan selagi hangat, bisa ditambah dengan cabe rawit hijau atau sambel lumpia dan acar mentimun. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *